Home / Uncategorized / Indonesia Mungkin Akan Impor Beras Ke Pakistan Tahun 2016

Indonesia Mungkin Akan Impor Beras Ke Pakistan Tahun 2016

Sebagaimana yang diketahui, bahwa Indonesia memang merupakan negara agraris. Akan tetapi, kebutuhan beras yang ada di Indonesia tak cukup untuk memasok beras nasional. Hal ini membuat pemerintah mau tak mau harus mengimpor beras dari negara lain agar kebutuhan pangan tercukupi. Dikabarkan, Indonesia akan segera menjalin kerja sama dengan Pakistan dalam hal impor beras.

Rencananya, di tahun 2016 mendatang, beras asal Pakistan diprediksi bakal segera masuk ke negara Indonesia. Untuk sekarang ini, pemerintah sedang menyiapkan sebuah kerangka kerja sama antar pemerintah untuk mewujudkan niatan itu. Jumlah beras yang bakal diimpor dari Pakistan yakni sebanyak 500.000 ton.

“Kami masih memburu MoU dengan Pakistan agar ada payung G to Gnya biar aman. Usai itu, baru pihak Perum Bulog dapat mengirim tim inspeksi serta melakoni verifikasi dan juga langkah negosiasi,” ujar Thomas Lembong selaku Menteri Perdagangan, di sela-sela gelaran Asia Pacific Economic Cooperation Summit 2015, di Manila, hari Rabu (18/11/2015) kemarin.

Thomas berkata, bahwa berdalih dari informasi yang didapat dari Duta Besar Pakistan, negara itu diyakini bisa mengimpor beras sebanyak 500.000 ton ke Indonesia. Tapi, beras impor itu kemungkinan tak dapat masuk ke Indonesia di tahun ini lantaran waktu sampai akhir tahun, telah sangat sempit.

About admin