Home / berita umum / Jokowi : Jangan Kesampingkan Sektor Pertanian

Jokowi : Jangan Kesampingkan Sektor Pertanian

Mungkin sudah sering kita dengar, kalau presiden baru Indonesia, selalu menekankan betapa pentingnya ekonomi di sektor pertanian. Karena, sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja sebagai petani. Jokowi pun mengimbau untuk masyarakat Indonesia jangan meremehkan industri pertanian.

Semenjak kita kecil dudul sekolah dasar (SD), memang sangat kerap mendengar kata guru bahwa Indonesia adalah negara agraris. Artinya pun tetap sama, negara ini adalah negara yang ekonominya sebagian besar ditopang di sektor pertanian. Namun bagaimana nasibnya sekarang?

Indonesia sekarang malah disebut sebagai negara yang gemar mengimpor bahan pangan. Bahkan tadi malam, masih segar, Presiden Joko Widodo bicara blak-blakan mengenai situasi Indonesia yang jutsru bergantung pangan impor. Jokowi menjelaskan, di 2014 silam, kalau jumlah impor gandum menyentuh angkaa 7,4 juta ton, gula senilai 3,2 juta ton, serta jagung sebanyak 3,3 juta ton.

“Jika semua produk semacam ini, seperti gula, kedelai, jagung, garam semua kita impor. Bahkan banyak jenis buah dan beras, ini yang bisa membuat keguncangan neraca perdagangan, dan lantaran masa ketergantungan ini membeli barang impor harus menggunakan dolar. Ini merupakan salah satu yang membuat dolar seperti saat ini, kendati faktor yang lebih besar yakni faktor eksternal,” kata Jokowi.

About admin