Home / berita umum / KTT APEC Di Manila, Wapres Bawa Isu Mengenai Pengembangan UMKM

KTT APEC Di Manila, Wapres Bawa Isu Mengenai Pengembangan UMKM

Seperti yang diketahui, bawah negara Indonesia akan mengikuti sesi konferensi APEC yang bertempat di Manila. Dimana untuk negara Indonesia sendiri akan diwakili oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, sebab Presiden Joko Widodo tak bisa datang dalam acara tersebut.

Jasdi sudah dapat dipastikan bahwa bapakWakil Presiden Jusuf Kalla bakal menjadi wakil dari Presiden Jokowi dalam ajang Konferensi Tingkat Tinggi APEC di Manila ditanggal 18-19 November 2015 yang akan datang. Wapres mengungkapkan bahwa ia bakal mengangkat sejumlah isu dalam pertemuan dengan negara-negara Asia-Pasific tersebut. Salah satu yang ia bahwa yaitu mengenai pengembangan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang disingkat dengan UMKM.

“Saya akan mengakat isu mengenai perdagangan yang adil, peningkatak sektor UMKM, sebuah bilateral perdagangan yang pastinya akan saling mendukung,” ungkap JK di Kantor Wapres, Jakarta, hari Selasa (10/11/2015) kemarin. Kendati beliau tak memaparkan lebih jelas mengenai pengembangan sektor UMKM seperti apa yang bakal ia usung ke KTT APEC, pak JK mengungkapkan bahwa pemerintah bakal tetap menyupayakan mengenai kepentingan nasional di ajang pertemuan internasional tersebut.

Berdasar dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah di tahun 2013 lalu, ada sebanyak 55,2 juta UMKM atau sebesar 99,98 persen dari total usaha di Indonesia. UKM ini menyaring sebanyak 101,72 juta tenaga kerja atau sebesar 97,3 persen dari total tenaga kerja yang ada di negara Indonesia.

About admin