Home / Berita Nasional / Pegiat HAM Berbondong-Bondong Ingin Haris Azhar Tidak Mengalami Dikriminalisasi

Pegiat HAM Berbondong-Bondong Ingin Haris Azhar Tidak Mengalami Dikriminalisasi

Memang berbagai pegiat HAM serta hukum yang sudah menjadi satu dan tergabung pada Gerakan Indonesia Berantas Mafia Narkoba, langsung menyuarakan masalah yang menjerat teman mereka, Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar, menyangkut testimoni terpidana mati, Freddy Budiman.

Mereka juga sangat menyayangkan akan sikap reaktif dari sekitar tiga lembaga penegak hukum sekaligus keamanan, tepatnya adalah Badan Narkotika Nasional (BNN), Polri, sekaligus juga TNI, terkait pelaporan Haris terhadap Bareskrim Polri.

Sosok pendiri Kontras serta Imparsial Usman Hamid menginginkan apa yang disampaikan oleh Haris, harusnya dijadikan sebuah bahan untuk investigasi di tiga institusi itu.

“Janganlah pesoalan ini dikriminalisasi, namun sebaiknya di investigasi,” jelas Usman di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, hari Kamis (4/8/2016).

Sang mantan Sekretaris Tim Pencari Fakta (TPF) buat kasus kematian Munir tersebut percaya, apabila Kapolri Jenderal Tito Karnavian memiliki cara lain buat bisa menyelesaikan kasus itu.

“Saya juga menaruh sebuah kepercayaan, pak Tito ternyata juga mencari mana yang paling efektif, kemudian menemukan sebuah cara yang tidak kontra produktif pada waktu menyikapi kasus ini,” ungkap Usman.

About admin