Home / berita umum / Pertama Di Indonesia, Ahok Rilis Aplikasi Perpustakaan Digital

Pertama Di Indonesia, Ahok Rilis Aplikasi Perpustakaan Digital

Gubernur DKI Jakarta, Ahok memang akhir-akhir ini kerap melakukan inovasi dan terobosan baru dalam berbagai hal. Kali ini, Basuki Tjahaja Purnama nama lengkap Ahok ini memberikan inovasi di bidang pendidikan dimana dirinya merilis aplikasi perpustakaan yang berbentuk online yang membuat para pengguna kian mudah mencari buku tanpa harus datang ke perpustakaan.

Mantan Bupati Belitung Timur itu kini resmi meluncurkan aplikasi perpustakaan digital perdana yang ada di Indonesia yang diberi nama “iJakarta”. Dengan adanya aplikasi itu, masyarakat luas mampu meminjam buku yang dipunyai oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI dalam model digital.

“Saat ini, dengan adanya iJakarta, saya sedang menjajal untuk meyakinkan penerbit lantaran ada beberapa penerbit yang saat kita minta bukunya jadi e-book, terus ditaruh di perpustakaan digital kami, dia merasa keberatan. Alasannya ya karena mereka takut enggak ada yang beli buku mereka lagi setelah ada buku digital ini,” ungkap Ahok sapaan akrab Basuki saat ditemui di Balai Kota DKI, hari Selasa pagi WIB tadi .

Ahok pun juga melakukan promosi kepada penerbit agar tak perlu khawatir dengan kendalan tersebut. Hal ini karena, teknis peminjaman buku dalam aplikasi ini tak jauh berbeda dengan perpustakaan biasa pada umumnya.

About admin