Home / berita umum / PP Muahamadiyah Minta Perusahaan Pembakar Hutan Untuk Bertanggung Jawab

PP Muahamadiyah Minta Perusahaan Pembakar Hutan Untuk Bertanggung Jawab

Kebakaran yang ada di kawasan Kalimantan dan Sumatera memang dampak dari tindak sebuah perusahaan yang ingin mengamankan lahan tersebut. Tak main-main, akibat ulah perusahaan tersebut, daerah kawasan yang terkena asap hingga negara pun mengalami banyak kerugian besar. Sehingga banyak pihak yang meminta kepada perusahaan yang membakar lahan tersebut untuk bertanggung jawab. Kali ini, adalah PP Muhamadiyah yang menuntut si perusahaan untuk bertanggung jawab.

Majelis Lingkungan Hidup PP Muhamadiyah meminta kepada pemerintah untuk tak takut menuntut perusahaan pemegang konsesi yang ikut dalam aksi pembakaran lahan untuk segera bertanggung jawab. Bentuk pertanggung jawabannya ialah mereka menanggung semua kerugian yang dialami oleh negara lantaran bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut.

“Muhammadiyah menyatakan sangat prihatin dan sangat menyayangkan akan terjadinya bencana asap ini. Maka dari itu pihak perusahaan harus mau untuk bertanggung jawab,” ujar Muhyidin Mawardi selaku Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah, ketika konferensi pers, hari Selasa (27/10/2015) siang WIB kemarin.

Muhyidin juga mengatakan, bahwa perusahaan pemegang konsesi alih fungsi lahan hutan dan gambut pembakar hutan ini juga harus mau untuk ganti rugi lantaran bencana asap itu, seperti PP 71 tahun 2014 dan UU no 32 tahun 2009. “Mereka harus mau menaggung semua kerugian dimana banyak kerusakan ekosistem gambut serta kerugian yang dialami oleh negara,” tambahnya.

About admin