Home / berita umum / Titik Api Berkurang 70 Persen Usai Hujan Merata

Titik Api Berkurang 70 Persen Usai Hujan Merata

Sebagaimana yang diketahui, hujan merupakan sebuah hal yang sedang dinantikan di kawasan Sumatera dan Kalimantan sebagai daerah yang mengalami bencana kebakaran hutan akut beberapa bulan terakhir ini. Akibat cuaca yang sangat panas, api pun sulit untuk dipadamkan. Namun, daerah tersebut sudah diguyur hujan dan membuat banyak titik apik berkurang akibat terguyur hujan tersebut.

Diketahui bahwa ada sebanyak 2.218 titik api ada di kawasan Sumatera dan Kalimantan di hari Sabtu minggu kemarin. Akan tetapi, di hari Sabtu (31/10/2015) pekan ini, ada titik api di dua kawasan itu dicatat cuma 402 titik. Sutopo mengatakan, bahwa perubahan juga dialami pada jarak pandang. Kalau sebelumnya kebanyak kurang dari 500 m, sekarang ini telah mampu agak menjauh

“Indeks kualitas udara yang sebelumnya rata-rata kota kerap berada di level berbahaya, di hari ini sejumlah kota di Sumatera dan Kalimantan ada pada level baik hingga sedang,” kata Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB lewat konferensi persnya, hari Sabtu (31/10/2015) lalu.

“Di pagi ini, Sutopo merasa, bahwa jarak pandang di Pekanbaru 7 km, Pontianak 2 km, Padang 4 km, Palangkaraya 1,5 km, Jambi 2,8 km, Palembang 800 m, serta Banjarmasin berjarak 6 km. Segala indikator seperti jumlah titik apik, jarak pandang serta kualitas udara menampilkan kondisi yang membaik secara signifikan,” tambah Sutopo.

About admin